Cara Push Up yang Benar Beserta Manfaatnya

cara push up yang benar

Cara melakukan push up yang benar. Saya yakin, setiap orang pasti tahu apa itu push up dan pernah mempraktekannya, alasannya karena gerakan push up sangat sederhana dan mudah untuk dilakukan bagi siapa saja, tidak perlu mengeluarkan biaya, dan dapat dilakukan hampir di semua tempat, asal ada ruang cukup, push up pasti bisa dilakukan.

Push up bermanfaat untuk membesarkan otot bisep dan trisep, selain itu juga dapat membesarkan otot dada. Manfaat tersebut tidak akan kalian dapatkan apabila gerakan push up yang kalian terapkan tidak benar dan sesuai, inilah yang sering kali menjadi masalah, banyak orang yang tidak benar-benar mengetahui bagaimana cara melakukan push up yang benar.

Apabila gerakan push yang kita lakukan tidak benar dan sesuai, bukan manfaat yang kita dapatkan, namun kebalikannya, tubuh malah akan mengalami kelelahan dan cidera. Maka dari itu, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan dan memaksimalkan manfaat dari push up, Situsapa.com akan membahas bagaimana cara push up yang benar beserta manfaatnya.

Cara Push Up yang Benar

Pada artikel kali ini, Situsapa.com hanya akan membahas gerakan 3 dasar push up untuk pemula saja, karena sebenarnya ada banyak beberapa variasi gerakan push up yang akan Situsapa.com bahas pada kesempatan berikutnya.

1. Push-up dinding

Cara melakukan push up dinding yang benar

Pertama, kita akan membahas jenis push up yang paling mudah dan paling cocok untuk dilakukan oleh seorang pemula yang belum sanggup untuk melalukan gerakan push up normal. Sesuai dengan namanya, push up dinding ini menggunakan media dinding sebagai tumpuannya. Cara melakukannya yaitu dengan berdiri tepat didepan dinding datar, lalu letakkan kedua tangan pada dinding. Lalu bengkok dan luruskan tangan sehingga tubuh bergerak seperti maju mundur. Lakukan push up dinding ini setiap hari semampu kita. Jika dirasa sudah terlalu ringan, cobalah push up dengan satu tangan atau bisa lanjut ke jenis push up yang kedua.

2. Push-up lutut

Cara melakukan push up lutut yang benar

Apabila push up dinding dirasa teralu ringan, coba jenis push up yang satu ini. Push upp lutut hampir sama dengan jenis push up sempurna, perbedaannya hanya terletak pada tumpuannya, yaitu bertumpu pada lutut. Caranya yaitu dengan memposisikan tubuh layaknya push up sempurna, namun lutut yang menjadi tumpuannya, lalu letakkan tangan ke lantai dengan kaki menyilang, setelah itu bengkokkan tangan sehingga tubuh mendekati lantai, lalu angkat kembali seperti posisi awal, lakukan hingga berkali-kali.

3. Push-up sempurna

Cara melakukan push up sempurna yang benar

Nah, sekarang mari kita bahas mengenai cara push up sempurna. Push upp jenis ini memerlukan tenaga lebih besar dibandingkan kedua jenis push up sebelumnya, karena ujung kaki yang menjadi tumpuannya. Cara melakukannya adalah dengan meletakkan tangan di lantai selebar bahu, badan diluruskan dengan bertumpu pada ujung kaki, setelah itu tekukkan tangan hingga 90 derajat, kemudian dorong kembali hingga tangan menjadi lurus, dan begitu seterusnya.

Note: pada saat push up, badan harus dalam posisi lurus, tidak boleh bungkuk atau bokong yang terlalu menonjol ke atas.

Manfaat Push-up

Nah, setelah kita membahas ketiga jenis push up diatas, mari kita bahas manfaat push up. Push up ternyata menyimpan banyak sekali manfaat apabila dilakukan secara rutin dan benar. Tidak hanya baik untuk pria saja, push up juga sangat baik untuk kaum wanita, silahkan baca manfaat push up pada halaman berikut ini: Manfaat Push Up.
Latest
First